Burung Hantu

Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal).

Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Di dunia barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi di beberapa tempat di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut, maka namanya Burung Hantu. Walau begitu tidak di semua tempat di Nusantara burung ini disebut sebagai burung hantu. Di Jawa misalnya, nama burung ini adalah darès atau manuk darès yang tidak ada konotasinya dengan maut atau hantu. Di Sulawesi Utara, burung hantu dikenal dengan nama Manguni.

Burung hantu dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan, tak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, tampilan “wajah” burung hantu ini demikian mengesankan dan kadang-kadang menyeramkan. Apalagi leher burung ini demikian lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180 derajat ke belakang.

Umumnya burung hantu berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu dengan bercak-bercak hitam dan putih. Dipadukan dengan perilakunya yang kerap mematung dan tidak banyak bergerak, menjadikan burung ini tidak mudah kelihatan; begitu pun ketika tidur di siang hari di bawah lindungan daun-daun.

Ekor burung hantu umumnya pendek, namun sayapnya besar dan lebar. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.  (id.wikipedia.org)

Produk rekomendasi!

Voerzoo Insect BlendVoerzoo Insect Blend! Dibuat dari bahan utama serangga yang merupakan makanan alami burung pemakan serangga. Sangat bagus sebagai makanan utama maupun extra food murai batu, kacer, ciblek, pentet/ cendet, gelatik watu, sirtu /cipoh, dll.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.
Beli melalui:
TOKO.BURUNGHOBI.COM BBM: 5D4AE73B & HP/WA: 08111800809 atau reseller terdekat
JAWA: JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI, BANDUNG, SEMARANG, SURABAYA, YOGYAKARTA, PROBOLINGGO, PEMALANG. SUMATRA: PALEMBANG, LAMPUNG. KALIMANTAN: BANJARMASIN. NTT: KUPANG.

Voerzoo Insect BlendCara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik dan kroto sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga seperti murai, kacer dan lain-lain. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa pakan tersebut burung menjadi kurang sehat & tidak mau berkicau. Ilmu pengetahuan & pemahaman manusia tentang nutrisi terus berkembang. Pada jaman dimana manusia belum mengenal api mereka makan daging mentah. Setelah … Continue reading

Halaman ini tentang: burung hantu, warna warni sangkar burung, byrung daress, Pakan Manuk Dares, sarang burung dares, warna burung hantu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *