Sangat bagus utk burung pemakan serangga!Voerzoo insect blend - voer untuk murai batu
Voerzoo Insect BlendVoerzoo insect blend dibuat dari bahan utama serangga yang merupakan makanan alami burung pemakan serangga. Sangat bagus untuk murai batu, kacer, cendet, sirtu, gelatik watu, dll! BBM: 5D4AE73B & WA: 08111800809, BUKALAPAK, TOKOPEDIA.

Cara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik, kroto dan beragam serangga lainnya sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga yang membutuhkan protein dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa tambahan makanan tersebut burung menjadi kurang sehat dan tidak mau berkicau.

Kenapa penambahan extra food ini penting? Karena kebanyakan voer yang beredar di toko memiliki kadar protein 18% sehingga masih kurang untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Buktinya tanpa penambahan extra food kaya protein burung menjadi lesu, kurang sehat dan enggan berkicau bukan?

Cara menambah asupan protein harian adalah dengan memberikan jangkrik, kroto, ulat, cacing dll yang merupakan makanan kaya protein. Cara mengkomposisikannya antar penghobi berbeda-beda tergantung pengalaman dari penghobi terhadap burung yang dia pelihara. Pengalaman dari salah satu penghobi sangat mungkin berbeda dengan penghobi yang lain. Oleh karena itu membutuhkan pengetahuan dan kesabaran untuk mengkomposisikan secara pas.

Cara lebih baik memberikan extra food kaya protein adalah menggunakan makanan jadi yang dibuat dari bahan utama serangga yang merupakan makanan alami burung pemakan serangga (lihat produk rekomendasi di bawah). Kenapa lebih bagus? Karena sudah dikomposisikan dari beragam jenis serangga melalui proses review dan uji yang ketat sehingga menghasilkan nutrisi lengkap seimbang termasuk vitamin, mineral (kalsium dll), omega 3 & 6, serta zat-zat penting buat burung lainnya.

Bagaimana cara untuk mengetahui kecukupan kebutuhan protein burung pemakan serangga? Cara yang paling mudah adalah dengan melihat performansi (sehat, aktif, berkicau, dll) dan kotoran burung dimana acuannya adalah kotoran ketika burung hanya diberikan makanan seperti pakan alaminya. Burung pemakan serangga yang hanya diberikan pakan seperti pakan alaminya seperti beragam jenis serangga, ulat, kroto, cacing, dll akan mengeluarkan kotoran berwarna putih dengan sedikit bagian gelap dibagian tengahnya. Di bagian terluar mengandung sedikit air yang merupakan urine karena saluran urinaria burung bermuara di kloaka. Warna putih pada kotoran adalah urea dan uric acid yang merupakan indikasi bahwa burung makan makanan yang sesuai yaitu makanan dengan porsi besar protein. Warna gelap di bagian tengah merupakan feces/kotoran yang sebenarnya.

Voerzoo Insect BlendVoerzoo insect blend dibuat dari bahan utama serangga yang merupakan makanan alami burung pemakan serangga. Info lengkap disini! BBM: 5D4AE73B & WA: 08111800809

Bila Anda menggunakan voer dengan kadar protein 18%, berikan extra food seperti jangkrik, kroto, ulat, cacing dll sambil mengamati kotoran burung sampai ketemu jumlah yang pas. Setiap jenis burung pemakan serangga bisa berbeda-beda. Bersihkan dasar sangkar kemudian lapisi dengan kertas koran untuk memudahkan pengamatan. Sebagai contoh, misalnya hari ini burung diberikan 10 ekor jangkrik (5 ekor pagi + 5 ekor sore) besok pagi sudah bisa diamati kotorannya. Jika masih belum seperti gambaran di atas tambahkan lagi jumlah jangkrik misalnya menjadi 6+6, kemudian amati kembali. Selama proses pengamatan pastikan kertas koran selalu diganti setiap hari agar tidak bercampur dengan kotoran hari sebelumnya. Bila sudah ketemu jumlah yang pas jadikan sebagai acuan pemberian extra food. Selain itu keragaman jenis makanan juga mempengaruhi seberapa bagus performansi dari burung. Semakin banyak ragam jenis extra food akan semakin bagus bila takaran sesuai. Tambahankan extra food lain untuk melengkapi keragaman nutrisi.

Kesehatan burung sangat bergantung dengan makanan yang mereka makan. Memberikan makanan yang baik tidak hanya agar burung mampu bertahan hidup, tetapi juga agar mereka sehat & bahagia.

Produk rekomendasi!

Voerzoo Insect BlendVoerzoo Insect Blend! Dibuat dari bahan utama serangga yang merupakan makanan alami burung pemakan serangga. Sangat bagus sebagai makanan utama maupun extra food murai batu, kacer, ciblek, pentet/ cendet, gelatik watu, sirtu /cipoh, dll.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.

Beli online melalui kami!
JABODETABEK ongkir 9000 >> BBM: 5D4AE73B & HP/WA: 08111800809, TOKOPEDIA, BUKALAPAK.

Atau melalui reseller terdekat...
JAWA: JAKARTA, BANDUNG, SEMARANG, SURABAYA, SIDOARJO, PROBOLINGGO, YOGYAKARTA, SOLO, TEGAL, KUNINGAN. SUMATERA: MEDAN, PALEMBANG, BANDAR LAMPUNG, PEKANBARU. KALIMANTAN: PONTIANAK. SULAWESI: MAKASSAR. NTT: KUPANG.
Atau cari di TOKOPEDIA dan BUKALAPAK untuk dapetin ongkir termurah dari seller terdekat!

Voerzoo Insect BlendCara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik dan kroto sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga seperti murai, kacer dan lain-lain. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa pakan tersebut burung menjadi kurang sehat & tidak mau berkicau. Ilmu pengetahuan & pemahaman manusia tentang nutrisi terus berkembang. Pada jaman dimana manusia belum mengenal api mereka makan daging mentah. Setelah … Continue reading

Halaman ini tentang: pemberian jangkrik pada kacer, takaran ulat hongkong untuk murai, manfaat kroto untuk kacer, cara memberi makan jangkrik pada murai batu, pemberian kroto pada kacer, cara pemberian kroto pada murai, pemberian kroto pada murai, cara memberi makan murai batu, takaran kroto untuk murai, cara ngasih jangkrik pada kacer. 

8 responses on “Cara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *