Ciblek

Ciblek/prenjak merupakan burung kicauan yang habitatnya tersebar banya di Jawa, Sumatra, & Bali. Burung kecil ini hanya mempunyai satu nada saja yang terus berulang- ulang. Akan lebih menarik lagi bila kicauannya pada saat nada tinggi dan dalam waktu yang cukup lama.

Ciblek memiliki postur kecil dan memiliki panjang total sekitar 12 cm. Tak jarang juga burung ciblek diikutkan dalam perlombaan. Ciblek memiliki mutu yang bagus bila volume suaranya besar, keras, tajam, cepat dan tebal yang cirinya bisa dilihat paruh tidak terlalu tebal dan panjang. Berbeda dengan ciblek yang memiliki paruh pendek biasanya suarannya lebih terdengar kecil dan tidak terlalu tegas.

Jenis Ciblek

1. Jenis Prinia familiaris familiaris (ciblek jawa)

Ciblek Jawa

Memiliki warna bulu lebih gelap, garis putih pada bagian sayapnya yang lebih banyak atau lebar, ukuran tubuh lebih besar dengan dada bidang. Ciblek jantan jenis ini mempunyai suara tebal, keras dan panjang dengan tambahan suara critcritan.

2. Jenis Prinia familiaris olivaces.

Memiliki warna agak terang dan muda, garis putih bagian sayap agak pendek dan kecil, biasanya ukuran tubuh lebih kecil dan dada tidak terlalu bidang. Untuk suara, ciblek jantan jenis ini tidak membentuk, sehingga suaranya agak terdengar samar.


Promotion

Kenarian breeding formula

Diformulasikan untuk membuat kenari birahi.

Serta manfaat lain:

- Kenari sehat & lebih sering berkicau,
- Mempercepat gacor kenari bahan,
- Mengatasi kenari macet bunyi.

Sudah dibuktikan terhadap lebih dari 100 kenari!

Klik disini!