Kacer

Burung pemakan serangga dengan kicauan seperti tiupan peluit yang diulang-ulang singkat terutama saat fajar. Kacer suka meniru kicauan burung lain, memiliki lagu merdu, kuat dan bervariasi, terkadang tiba-tiba bernyanyi dimalam hari.

Ukuran:
Kacer memiliki ukuran panjang: 19-23 cm dan berat: 31-42 gr.

Diskripsi:
Kacer jantan memiliki warna bulu mengkilap biru-hitam pada bagian kepala, tenggorokan dan dada bagian atas dan warna putih dari bagian dada bawah sampai kloaka. Ekor bagian tengah berwarna hitam, dengan bulu putih di luarnya. Sayap hitam dengan ada bagian putih dibagian tengah, mata gelap & kaki – kaki berwarna kehitaman. Ada juga kacer hitam dengan warna hitam mulai dari kepala, tenggorokan, dada sampai kloaka, dengan bagian lain sama.

Kacer betina berwarna abu-abu gelap, bukan hitam pada bagian tubuh yang sama.
Kacer poci:

Kacer hitam:

Kicauan:
Kacer memiliki cirikhas kicauan seperti tiupan peluit yang diulang-ulang singkat terutama saat fajar. Kacer suka meniru kicauan burung lain, memiliki lagu merdu, kuat dan bervariasi, terkadang tiba-tiba bernyanyi dimalam hari.

Habitat:
Kacer liar bisa berada di hutan maupun di sekitar tempat tinggal manusia, (taman, kebun) walaupun sudah sangat jarang. Banyak titemukan dan berkembang biak di India, Cina Selatan, Asia Selatan-Timur, Indonesia dan Filipina.

Perilaku:
Kacer liar lebih sering mencari makanan di tanah sambil melompat dengan mengangkat ekor. Suka bertengger di tempat terbuka seperti pucuk pohon, sambil berkicau, sambil menggerakkan ekor ke atas dan ke bawah selaras dengan lagu.

Selama musim kawin kacer sangat posesif terhadap daerah teritorialnya, setiap kacer jantan memiliki daerah teritori. Penyusup akan diusir dengan cara membusungkan dada ke atas sambil mondar-mandir dihadapan lawan.

Reproduksi:
Kacer liar melakukan reproduksi dari bulan Februari sampai Agustus. Sarangnya terletak di rongga, lubang di pohon, dinding, bangunan, atau bisa juga tempat di dekat manusia. Sarang dibuat dari semak, ranting, dll.

Kacer betina bertelur 3-5 butir berwarna biru kehijauan pucat agak kemerahan. Pengeraman berlangsung sekitar 12 sampai 13 hari secara bergantian. Kacer jantan dan betina akan mengasuh anakan di wilayah teritori dan kemudian kawin lagi diwilayah yang sama.

Pakan:
Kacer liar memakan serangga tertangkap di tanah seperti cacing, ulat, siput & beberapa jenis tanaman. Selain itu juga memakan nektar bunga/madu.


Promotion

Kenarian breeding formula

Diformulasikan untuk membuat kenari birahi.

Serta manfaat lain:

- Kenari sehat & lebih sering berkicau,
- Mempercepat gacor kenari bahan,
- Mengatasi kenari macet bunyi.

Sudah dibuktikan terhadap lebih dari 100 kenari!

Klik disini!