Memandikan Burung

Memandikan Burung

Memandikan burung bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mejadikannya burung rajin berkicau.

Kutu dan parasit lain yang bersarang pada bulu akan pergi apabila burung bersih. Faktor kesehatan menjadi kunci penting untuk menjaga agar burung rajin berkicau. Selain itu dengan memandikan akan membuat burung menjadi lebih jinak.

Ada burung yang dengan sendirinya mandi apabila disediakan cepuk berisi air, ada juga yang tidak. Beragam cara mandi terbentuk dari kebiasaan burung tersebut. Misalnya burung hasil penangkaran akan mengikuti pola mandi yang dibiasakan penangkarnya, sedangkankan burung hasil tangkapan liar akan mengikuti pola kebiasaan mandi dialam liar.

Akan mudah apabila burung suka mandi sendiri, kita cukup sediakan air saja. Namun apabila air sudah disediakan tetap saja tidak mau mandi kita menbutuhkan cara lain. Tujuannya satu! Menjauhkan kutu dan parasit pada bulu agar burung sehat, rajin berkicau dan jinak.

Cara Memandikan Burung

Cara 1. Dengan cara di pegang kemudian diusap siramkan secara perlahan-lahan.

Butuh kehati-hatian apabila dilakukan dengan cara ini. Bisa saja kita memegang terlalu kencang sehingga burung kesakitan, sesak napas, dll. Atau malah terlalu longgar sehingga burung lepas? Intinya berhati-hati.

Cara 2. Dimandikan dengan semprotan (seperti semprotan untuk rambut).

Dengan cara ini cukup menyemprotkan air kearah burung dalam sangkarnya. Lebih mudah dan aman tapi akan membasahi sangkar burung termasuk pakan.

Cara 3. Dimandikan disangkar khusus mandi burung.

Sangkar ini pada umumnya berbentuk kotak dengan alas yang bisa diisi air. Masukkan air secukupnya kemudian masukkan burung kedalam sangkar mandi. Liat responnya. Apabila burung meresponse dengan mandi, biarkan burung tersebut mandi sendiri. Namun apabila tetap tidak mau mandi bantu dengan semprotan seperti di cara 2. Jika tidak ada semprotan bisa dengan dipercikkan air. Cara ke-3 banyak dilakukan oleh penghobi murai batu namun tidak salah juga apabila diterapkan pada jenis burung yang lain.

Setelah dimandikan kemudian jemur burung sampai kering.

Apabila dirasa perlu, mandikan burung dengan air rebusan daun sirih. Ini adalah cara alami untuk basmi kutu burung. Selengkapnya disini!

Waktu Mandi

Waktu baik untuk mandi adalah pagi sebelum jam 09.00 atau sore antara jam 15.00-16.00. Lakukan apabila matahari bersinar cerah, jangan pas mendung ya? Kasian karena butuh waktu lama untuk kering – kedinginan. Apabila tidak bisa dihindari, bisa dibantu dengan lampu penghangat.

Penting!

Burung malas mandi? Jangan dipaksa! 
Jangan terlalu memaksa burung yang enggan mandi karena bisa membuatnya stres berat dan perlu waktu lama untuk memulihkannya. Lakukan secara perlahan dan bertahap. Jika ingin mengubah kebiasaan mandi burung, lakukan pada masa burung paska mabung, sebelum mulai dimandi-jemur secara rutin. Pada masa itulah burung banyak “melupakan” kebiasaan lama dan dia akan belajar tentang kebiasaan-kebiasaan baru, bahkan termasuk soal isian dan lagu yang dia bawakan.

Beri sedikit kebebasan. 
Berikan sedikit kebebasan kepada burung dengan menyediakan wadah air agak besar di dalam sangkar. Biarkan burung mandi kapanpun dia mau. Sehingga burung merasa rileks dan nyaman tanpa paksaan.


Promotion

Kenarian premium egg food

Dengan konsentrasi telur puyuh & madu sebesar 73% merupakan yang paling tinggi dari semua egg food yang ada di pasaran. Buktikan!.

Sudah dibuktikan terhadap lebih dari 100 kenari:

- Kenari sehat & lebih sering berkicau
- Mempercepat gacor kenari bahan
- Mengatasi kenari macet bunyi
- Membuat kenari birahi

Beli disini!