Perkutut

Perkutut memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat tradisi Jawa. Perkutut diyakini memiliki kekuatan gaib/supranatural sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Dianggap sebagai burung alam gaib yang bisa memberikan rezeki, kebahagiaan, dan ketentraman rumah tangga, pangkat, dan jabatan.

Perkutut

Kebiasaan menikmati suara anggun perkutut yang indah ini dimulai sejak zaman Majapahit dimana waktu itu biasanya hanya dipelihara oleh kalangan ningrat kerajaan. Kemudian semakin dikembangkan pada saat keraton Ngayogjakarta Hadiningrat dibawah Sri Sultan Hamnegku Buwono VII pada tahun 1877-1921.

Dalam masyarakat tradisi jawa perkutut juga diyakini sebagai bilangan ke-lima dari kelengkapan seorang Pria sejati yang sempurna dalam tradisi Jawa yang berlatar kebudayaan keraton yaitu ; Wisma (rumah), Garwa (Istri), Curiga (Keris), Turangga (Kuda) dan Kukila (Perkutut). Perkutut merupakan alat pencipta kepuasan atau kenikmatan pribadi. Suara anggungan dan keindahan fisiknya dapat memberikan suasana tenang, teduh, santai bahagia dan seolah-olah manusia dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung.

Untuk mengetahui baik tidaknya seekor perkutut, dapat ditilik berdasarkan katuranggan dan ciri mathi berupa ciri fisik seperti bentuk tubuh, bulu, paruh, kaki, sifat dan perilaku pada saat berbunyi/manggung.

 

Insect blendInsect Blend 5.0! Cara lebih baik memberikan jangkrik & kroto untuk burung. Sudah tidak perlu lagi diberikan jangkrik hidup & kroto segar.
Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.

Cara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik dan kroto sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga seperti murai, kacer dan lain-lain. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa pakan tersebut burung menjadi kurang sehat & tidak mau berkicau. Ilmu pengetahuan & pemahaman manusia tentang nutrisi terus berkembang. Pada jaman dimana manusia belum mengenal api mereka makan daging mentah. Setelah … Continue reading

Halaman ini tentang: burung perkutut, perkutut, ciri perkutut majapahit, burung perkutut majapahit, perkutut yangbagus, suara perkutut keraton, burung perkutut sri keraton, tanda perkutut memiliki kekuatan gaib, jenis burung perkutut, kutut jawa super. 

One response on “Perkutut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *