Branjangan Jantan (Cara Membedakannya)

Branjangan jantan dicirikan dengan penampilan fisik yang berbeda dengan branjangan betina. Walaupun demikian perbedaan ciri fisik ini tidak sangat menonjol. Membutuhkan pengamatan seksama dan harus dengan memperbandingkan bila Anda jarang melakukan pemilihan ini.

Branjangan jantan
Branjangan jantan. Sumber Om Kicau

Perlu diketahui bahwa baik branjangan jantan maupun betina berkicau tetapi suara branjangan betina tidak sevariatif dan dan pada umumnya suara tidak sekeras branjangan jantan. Berdasarkan informasi dari Om Yogi melalui group Himpunan Pelestari Branjangan Indonesia, ciri branjangan jantan bisa dilihat dengan cara berikut.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

Melihat ciri branjangan jantan:

  • Melihat penampilan anakan

Ukuran kepala anakan branjangan jantan cenderung lebih besar anakan betina, selain itu anakan burung jantan memiliki warna bulu yang lebih tajam dan tegas, termasuk suaranya yang lebih keras. Bila Anda belum pernah melakukan pemilihan lakukan perbandingan dengan beberapa anakan branjangan lainnya.

  • Melihat bentuk kepala

Burung jantan memiliki mata dengan pandangan yang cukup tajam dan jika diperhatikan lebih seksama ada bulu halus berwarna hitam yang terdapat pada bagian depan mata dekat dengan paruh bagian atas. Selain itu jika dicermati pada bagian paruh dan bawah kupingnya, maka akan terlihat bulu yang berwarna putih yang tampak berdiri (mekar).

  • Melihat ukuran tubuh
Baca juga:  Branjangan

Secara umum, burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari burung betina. Namun hal ini tentu akan berbeda tergantung asal daerahnya, misalnya burung branjangan jawa walaupun betina akan memiliki tubuh yang lebih besar dari burung yang berasal dari NTB atau daerah lainnya.

  • Mendengar suaranya

Pada burung yang masih berusia muda, burung betina cenderung jarang atau malas berbunyi dibandingkan burung jantan muda yang lebih sering ngeriwik. Ketika burung sudah berusia dewasa, burung betina akan memiliki kemampuan bersuara lebih keras namun kurang variasi dengan suara kicauannya yang monoton (diulang-ulang), sedangkan burung jantan akan memiliki suara yang cukup lantang dengan suara kicauan yang cukup bervariasi.

  • Melihat warna bulu dada

Umumnya juga burung jantan memiliki bulu-bulu yang halus dan tegas pada bagian dadanya. Bentuk bulu ini mulai terlihat sejak burung masih berusia trotolan.

  • Melihat bentuk ekor

Bagian ekor adalah bagian yang bisa menjadi salah satu yang jadi perhatian ketika memilih burung branjangan yang berjenis kelamin jantan. Burung branjangan jantan biasanya memiliki bentuk ekor yang tampak selalu terbuka / mengembang, sedangkan bentuk ekor burung betina cenderung memiliki ekor yang tipis dan sering menutup.

Baca juga:  Suara Branjangan

Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: buah yang disukai kacer, suara branjangan betina, perbedaan branjangan jantan dan betina. 
Share yuk...