Cara Basmi Tungau Merah Pada Burung

Tungau merah memiliki julukan kutu penghisap darah yang bisa menyebabkan kematian mendadak pada burung.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! Ingin bertanya? Whatsapp 08111800809 (sales voerzoo)

Kekurangan darah disertai rasa gatal yang menggangu adalah penyebab utama kematian. Banyak kejadian bahwa burung yang beberapa jam sebelumnya masih berkicau tiba-tiba mati, terjatuh dari tangkringan.

Kutu ini menyerang ke berbagai jenis burung seperti kenari, anis merah, murai, kacer, dll.

Gejala umum dari burung yang terserang tungau merah adalah seperti mematuki bulunya sendiri, gelisah, warna bulu berubah jadi kusam dan perlahan tubuh menjadi kurus. Gejala ini juga berlaku untuk serangan jenis kutu burung yang lain.

Untuk membasmi kutu bisa menggunakan obat kutu pabrikan/kimiawi maupun menggunakan cara alami.

Apabila Anda memilih obat kutu pabrikan silahkan baca terlebih dahulu aturan pakai yang ada diobat.

Untuk cara alami kita bisa memandikannya dengan air rebusan daun sirihCaranya adalah sbb:

  1. Rebus 7-10 helai daun sirih menggunakan air 1 liter (4 gelas ukuran normal) sampai air berwarna hijau gelap kemudian angkat dan dinginkan.
  2. Setelah dingin, semprotkan air rebusan ke bulu burung secara merata. Usahakan benar-benar masuk bagian dalam. Selain menyemprotkan kita bisa juga memandikan dengan tangan sehingga air sirih merata membasahi bulu tanpa banyak mengenai mata burung. Lebih lengkap tentang memandikan burung baca disini!
  3. Jemur burung untuk membantu mempercepat pengeringan. Jika tidak ada panas bisa di bantu dengan panas bolam lampu.
  4. Setelah kering, siapkan air biasa di dalam sangkar. Air ini digunakan untuk berjaga-jaga apabila burung ingin bilas dengan air biasa. Berdasarkan pengalaman kami burung tidak melakukan bilas.
Baca juga:  Kenapa Burung Berkicau?

Untuk pencegahan tidak ada salahnya jika memandikan burung dengan air rebusan daun sirih dilakukan seminggu sekali. Ini kan cara alami 🙂

 


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: tungau, obat alami tungau kantung udara, kutu merah, obat tradisional tungau kantung udara, ciri ciri kacer kena tengau, obat alami tungau kantung udara pada kenari, Tengu kemaluan, tungau pada burung kenari. 
Share yuk...