Cara Melatih Mental Murai Batu Bakalan

Membeli murai batu bakalan untuk dijadikan calon gacoan menjadi alternatif ekonomis karena harganya lebih terjangkau. Bila dirawat dengan sungguh-sungguh murai batu bakalan bisa membanggakan suatu saat nanti. Berikut cara melatih mental murai batu bakalan baik yang berasal dari tangkaran maupun muda hutan.

1. Memunculkan sifat teritorialnya

Murai batu merupakan burung dengan sifat teritorial. Di daerah penyebarannya, mereka akan menguasai wilayah tertentu sebagai daerah kekuasaannya, terutama untuk mencari makanan, pasangan, kawin dan berkembang biak.

Free ongkir sampai Rp30,000 untuk minimal order 4 pcs 225g >> Whatsapp 08111800809

Voer terbaik murai batu bisa dibeli melalui >> Tokopedia | Bukalapak | Shopee (lagi ada diskon!)| LAZADA (bisa COD) |

RESELLER klik disini! >> Whatsapp 08111800809
Baca juga: Merk Voer Terbaik Untuk Murai Batu

Jika mendengar atau melihat ada murai jantan lain memasuki daerah teritorial, dia akan berusaha mengusir dengan mengerahkan segenap kemampuan. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa burung dengan sifat teritorial sangat mudah ditangkap hanya dengan menggunakan jontrot / umpan.

Melatih murai batu muda / bakaan agar memiliki kembali sifat teritorialnya bisa dilakukan dengan menggantang sangkar pada satu tempat / lokasi saja. Pagi-pagi sekali, burung dikeluarkan untuk diembunkan di tempat yang sama sampai siang atau sore harinya. Perubahan tempat bisa dilakukan hanya dalam jarak yang tidak terlalu jauh, misalnya 2 – 3 meter dari posisi awal.

Baca juga:  Perawatan Murai Batu Black Dragon, Andalan Om Bonni N Dikelas Ring

Dengan selalu menggantang sangkarnya pada tempat yang sama setiap hari, maka burung akan merasa menguasai wilayah tertentu, sehingga muncul sifat teritorialnya. Selain tu, selama masa terapi, jangan menggantang sangkar burung lain, khususnya kacer dan murai batu, di lokasi tersebut.

Sekitar 2-3 minggu kemudian, Anda bisa mengamati apakah terapi tersebut sudah berhasil atau belum. Caranya dengan menggantang sangkar kacer atau murai batu lainnya, tak jauh dari posisi sangkar murai yang dilatih tadi.

Jika murai batu terlihat sangat gelisah, disertai dengan gaya membusungkan dada atau menaik-turunkan ekornya, berarti burung sudah memiliki kembali sifat teritorialnya. Apalagi kalau dilanjutkan dengan berkicau kencang, itu pertanda mentalnya sudah terbentuk.

2. Mengasah mentalnya

Mengasah mental bisa dilakukan ketika murai batu sudah mempunyai sifat menguasai suatu wilayah / lokasi. Cara yang lazim dilakukan adalah menggantang sangkar burung lain seperti kacer atau murai batu lainnya tidak jauh dari sangkar burung tersebut.

Hal ini pun cukup dilakukan seperlunya saja, atau beberapa menit saja, atau bisa juga sampai burung mengeluarkan suaranya yang lantang. Setelah itu, mereka bisa dipisahkan kembali dalam jarak yang berjauhan.

Baca juga:  Tips Perawatan Murai Batu Barongan Andalan AWK-IP BF Pati

Tujuan pelatihan ini adalah memberi simulasi seperti kondisi sebenarnya di alam liar, yaitu ketika mereka mengusir burung lain yang masuk ke dalam wilayah teritorialnya. Cara ini tidak jauh berbeda ketika kita menggunakan kaca / cermin untuk melatih mentalnya, namun lebih efektif jika kita menggunakan burung yang lain.

Dengan melatih secara rutin setiap beberapa hari / minggu sekali, maka mental murai makin terbentuk, sehingga burung akan selalu berada dalam kondisi prima dan siap dilombakan.

3. Hal-hal yang perlu diperhatikan

Selain menggembleng mental dengan cara di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan pola perawatan yang lain. Hal ini sangat penting, khususnya untuk menjaga kondisi dan stamina murai batu agar selalu fit, terutama ketika dipertemukan dengan burung lainnya.

Pemberian makanan dengan kandungan nutrisi seimbang sangat penting untuk membuat kondisi fit dan prima. Untuk itu kami merekomendasikan voerzoo insect blend yang dibuat dari bahan utama serangga sebagai makanan harian (lihat produk rekomendasi di bawah). Dengan voerzoo insect blend burung sudah tidak perlu lagi diberikan beragam jenis serangga hidup. Kami sudah membuktikan!

Baca juga:  Manfaat Ulat Bambu Untuk Murai Batu

Perawatan rutin seperti pengembunan, mandi dan penjemuran secara rutin bisa membuat murai batu selalu berada dalam kondisi segar. Vitamin tambahan sudah tidak diperlukan bila Anda menggunakan voerzoo insect blend.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: Agar murai isian ngalir saat lomba, apakah MB kontes harian full krodong tw ablak buat mentalnya, cara melati anaan murai batu, ebod joss buat murai batu muda hutan. 
Share yuk...