Cara Memaster Burung Kicauan

Pemasteran adalah proses memperdengarkan suara kicauan burung lain terhadap suatu burung tertentu sehingga ditirukan oleh burung tersebut. Cara ini dilakukan agar burung memiliki kicauan yang beragam. Memperdengarkan suara burung lain bisa dilakukan dengan memelihara beragam jenis burung di sekitar burung yang dimaster maupun menggunakan audio mp3 untuk solusi yang lebih ekonomis.

Cara memaster burung

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

Ada beberapa hal yang perlu Anda diketahui untuk memaster burung berkicau. Beberapa pertanyaan ini cukup sering ditanyakan

Apakah pemasteran harus dilakukan pada saat burung mabung? Tidak. Kita tau bahwa di alam liar burung mendengar suara burung lain hampir sepanjang hari terutama siang hari. Karena sering mendengar kemudian terekam dalam memori mereka kemudian mampu menirukan suara burung tersebut. Alasan kenapa kicau mania kemudian menyimpulkan kondisi mabung adalah kondisi yang paling bagus adalah karena pada saat mabung burung lebih banyak istirahat. Pada saat istirahat indra pendengaran mereka lebih peka terhadap suara-suara yang ada disekitar sehingga otomatis mampu merekam lebih baik. Artinya pemasteran bukan berarti harus dilakukan pada saat mabung kan? Namun lebih kepada pada saat kondisi tenang.

Baca juga:  Apasih Manfaat Menjemur Burung Dipagi Hari?

Bagaimana menciptakan kondisi tenang agar proses mastering lebih efektif? Dengan cara dikerodong. Mengkrodong burung akan membuat burung lebih tenang karena tidak melihat sekitar. Seperti sudah di sebutkan di atas pada saat kondisi tenang burung lebih konsentrasi dalam mendengarkan sehingga proses mastering bisa lebih efektif.

Lebih bagus dimaster dengan suara keras ato kecil? Lebih bagus dengan suara kecil. Suara keras akan membuat burung cepat lelah dan stress. Lebih baik burung dimaster menggunakan volume kecil bila menggunakan audio mp3 atau jangan terlalu dekat bila pemasteran bila menggunakan burung lain.

Baguskah memaster burung dengan suara burung yang sama? Secara umum kurang bagus. Kenapa? Karena memperdengarkan dengan kicauan burung yang sama akan membangkitkan fighter burung terutama jenis burung petarung seperti murai batu, kacer, cucak ijo, dll. Membangkitkan fighter burung artinya menciptakan kondisi tidak tenang pada saat proses pemasteran.

Waktu yang baik dalam memaster burung? Memaster burung bisa dilakukan kapan saja, namun demikian ada beberapa pilihan yang lebih optimal seperti setelah abis mandi & jemur. Mirip seperti manusia, belajar akan lebih nyaman ketika badan segar kan?

Baca juga:  Kenapa Burung Berkicau?

Perlukah memasterkan burung dimalam hari? Beberapa tulisan di internet menyebutkan bagus untuk memaster burung pada malam hari karena pada saat malam burung dalam keadaan tenang. Namum menurut hemat kami lakukan sebentar saja karena istirahat sangat penting agar burung tetap dalam kondisi prima. Sama seperti manusia, berlebihan dalam belajar akan lebih membuat stress ketimbang hasil yang baik.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Share yuk...