Voerzoo Insect Blend

Voer berprotein tinggi pengganti serangga dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Info lengkap klik sini!. #GaPerluSeranggaLagi

Cara Memaster Murai Batu Dengan Cililin

Memaster murai batu dengan suara cililin tampaknya menjadi sesuatu yang wajib, tanpa isian cililin akan terasa kurang.

Seperti dikutip dari Sklbirdfarm, untuk memilih burung cililin sebagai masteran burung murai jangan asal gacor, panjang dan keras saja. Justru suara cililin yang terlalu keras apalagi typikal suaranya menekan bisa berdampak negatif terhadap murai. Murai yang mentalnya tanggung bisa ngedrop mendengar suara tembakan cililin dengan model seperti ini.

Untuk memaster murai batu dengan suara cililin pilihlah cililin yang memiliki suara kristal. Cililin dengan suara kristal typikal suaranya tidak menekan dan lebih enak di dengar, speednya juga jangan yang terlalu rapat supaya lebih gampang dicerna oleh murai batu. Penempatan burung cililin dengan typikal suara yang seperti ini bisa langsung berdekatan dengan burung murai yang akan di master.

Pada tahap awal bisa berdampingan langsung dengan jarak kira-kira 2 meter. Setelah saling mengenal, kira-kira 1 mingguan bisa di geser lebih dekat lagi sampai kira-kira 1 meter. Jangan khawatir murai akan ketakutan,  dengan mendekatkan akan lebih optimal hasil pemasteran. Perlu diketahui, setiap akan menambah burung masteran kita harus mengenalkan terlebih dahulu dengan cara membuka kerodong murai agar murai melihat burung pemaster dan mendengar suara burung pemaster tersebut. Hal ini agar murai tahu bahwa burung master bukan burung murai. Proses pengenalan ini bisa dilakukan cukup 1 jam saja. Simak kenapa kita tidak boleh memaster murai batu dengan suara murai batu.

Bila tempatnya memungkinkan akan lebih baik jika burung masterannya digantang lebih tinggi. Hal ini supaya murai penasaran bila burung master tersebut bersuara, harapannya agar murai lebih berkonsenterasi untuk mendengarkannya.

Umumnya burung murai di master jika dia lagi mabung tetapi kami sarankan setelah selasai mabungpun tetap di master dengan “Tim Masternya” yang sama sewaktu dia lagi mabung supaya tambah JOSS dan terpenting posisi/penempatan burung masterannya jangan ber-ubah2, misal kalau dari awalnya posisi Lovebird warna hijau ada di sebelah kiri murainya yah nantinya harus dikembalikan ke posisi semulanya. Kalau Lovebird tersebut mati maka akan lebih baik jika posisinya di ganti dengan LB  baru yang typikal suaranya mirip, jadi jangan burung masteran yang lainnya. Di sarankan jangan terlalu banyak jenis burung masteran yang menemani murai tersebut. Untuk tahap awal cukup cililin, lovebird, jenggot, parkit dan jalak suren saja dulu, kalau memungkinkan masing2 jenis burung masteran jumlahnya 2 ekor supaya bisa saling sahut-2an. Kalau murai kita bisa membawakan lagu ke lima burung mastern tersebut diatas dengan sempurna di jamin pasti dapat nominasi. Kadang kita manusianya yang serakah kepingin se-banyak2nya suara jenis burung2 masteran masuk ke murai kita tapi itu justru hasilnya kurang optimal, harus pelan2. Nanti dengan bertambahnya usia si murai tersebut bisa kita tambahkan suara2 jenis burung lainnya. Semoga sukses…

Cara memaster burung kicauan secara umum bisa baca artikel dibawah ini.

Cara Memaster Burung Kicauan

Pemasteran adalah proses memperdengarkan suara kicauan burung lain terhadap suatu burung tertentu sehingga ditirukan oleh burung tersebut. Cara ini dilakukan agar burung memiliki kicauan yang beragam. Memperdengarkan suara burung lain bisa dilakukan dengan memelihara beragam jenis burung di sekitar burung yang dimaster maupun menggunakan audio mp3 untuk solusi yang lebih ekonomis.

Cara memaster burung

Ada beberapa hal yang perlu Anda diketahui untuk memaster burung berkicau. Beberapa pertanyaan ini cukup sering ditanyakan

Apakah pemasteran harus dilakukan pada saat burung mabung? Tidak. Kita tau bahwa di alam liar burung mendengar suara burung lain hampir sepanjang hari terutama siang hari. Karena sering mendengar kemudian terekam dalam memori mereka kemudian mampu menirukan suara burung tersebut. Alasan kenapa kicau mania kemudian menyimpulkan kondisi mabung adalah kondisi yang paling bagus adalah karena pada saat mabung burung lebih banyak istirahat. Pada saat istirahat indra pendengaran mereka lebih peka terhadap suara-suara yang ada disekitar sehingga otomatis mampu merekam lebih baik. Artinya pemasteran bukan berarti harus dilakukan pada saat mabung kan? Namun lebih kepada pada saat kondisi tenang.

Bagaimana menciptakan kondisi tenang agar proses mastering lebih efektif? Dengan cara dikerodong. Mengkrodong burung akan membuat burung lebih tenang karena tidak melihat sekitar. Seperti sudah di sebutkan di atas pada saat kondisi tenang burung lebih konsentrasi dalam mendengarkan sehingga proses mastering bisa lebih efektif.

Lebih bagus dimaster dengan suara keras ato kecil? Lebih bagus dengan suara kecil. Suara keras akan membuat burung cepat lelah dan stress. Lebih baik burung dimaster menggunakan volume kecil bila menggunakan audio mp3 atau jangan terlalu dekat bila pemasteran bila menggunakan burung lain.

Baguskah memaster burung dengan suara burung yang sama? Secara umum kurang bagus. Kenapa? Karena memperdengarkan dengan kicauan burung yang sama akan membangkitkan fighter burung terutama jenis burung petarung seperti murai batu, kacer, cucak ijo, dll. Membangkitkan fighter burung artinya menciptakan kondisi tidak tenang pada saat proses pemasteran.

Waktu yang baik dalam memaster burung? Memaster burung bisa dilakukan kapan saja, namun demikian ada beberapa pilihan yang lebih optimal seperti setelah abis mandi & jemur. Mirip seperti manusia, belajar akan lebih nyaman ketika badan segar kan?

Perlukah memasterkan burung dimalam hari? Beberapa tulisan di internet menyebutkan bagus untuk memaster burung pada malam hari karena pada saat malam burung dalam keadaan tenang. Namum menurut hemat kami lakukan sebentar saja karena istirahat sangat penting agar burung tetap dalam kondisi prima. Sama seperti manusia, berlebihan dalam belajar akan lebih membuat stress ketimbang hasil yang baik.

Produk rekomendasi!

Voerzoo Insect BlendVoerzoo Insect Blend! Voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Sangat bagus sebagai makanan utama maupun extra food murai batu, kacer, ciblek, pentet/ cendet, gelatik watu, sirtu /cipoh, dll.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.

Cara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik dan kroto sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga seperti murai, kacer dan lain-lain. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa pakan tersebut burung menjadi kurang sehat & tidak mau berkicau. Ilmu pengetahuan & pemahaman manusia tentang nutrisi terus berkembang. Pada jaman dimana manusia belum mengenal api mereka makan daging mentah. Setelah … Continue reading


Halaman ini tentang: cara memaster muraibatu dg cililin. 

Produk rekomendasi!

Voerzoo Insect BlendVoerzoo Insect Blend! Voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Sangat bagus sebagai makanan utama maupun extra food murai batu, kacer, ciblek, pentet/ cendet, gelatik watu, sirtu /cipoh, dll.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.