Cara Mengembalikan Mental Kacer

Cara mengembalikan mental kacer
youtube.com

Kacer merupakan jenis burung petarung yang mempertahankan daerah teritorialnya. Caranya sangat menarik yaitu dengan tarian kobra, kita biasa menyebut ngobra. Bila ada burung sejenis mendekat atau masuk daerah teritorialnya kacer akan melakukan tarian ngobra sambil berkicau untuk mengusir pendatang.

Karena perilakunya yang menarik tersebut kacer menjadi salah satu burung populer diarena lomba.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

Namun adakalanya kacer mengalami drop mental sehingga tidak melakukan respon bertarung bila ada burung sejenis didekatnya. Bila hal ini terjadi berikut cara mengembalikan mental kacer.

Cara mengembalikan mental kacer

1. Istirahatkan kacer

Mental kacer yang drop bisa di sebabkan oleh terlalu sering dilombakan tanpa istirahat yang cukup. Kondisi ini memacu stress pada kacer. Istirahatkan selama beberapa waktu sampai kondisinya pulih seperti semula.

2. Jauhkan dari burung lain

Sering ditempel atau digantang berdekatan dengan burung sejenis maupun burung fighter lainnya seperti murai batu, tledekan, dll bisa membuat mental kacer drop.  Kondisi ini memacu stress pada kacer. Istirahatkan selama beberapa waktu sampai kondisinya pulih seperti semula.

Baca juga:  Perawatan Burung Kacer

3. Lakukan pengembunan

Rutin melakukan pengembunan pada pagi hari dengan posisi sangkar yang langsung terkena cahaya matahari pagi yang baru terbit. Pengembunan akan membuat kacer merasa segar.

4. Mandi

Mandikan kacer bila perlu pakai keramba. Kacer sangat suka mandi. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan terapi mandi malam, disesuaikan dengan kondisi suhu dan cuaca di luar.

5. Jemur yang cukup

Penjemuran akan membuat kacer sehat dan menguatkan badan. Menurut onkicaubaru.blogspot.com, jemur kuat setiap hari sampai kacer mangap dan gelisah. Setelah kacer kuat dijemur lama, bisa dilanjutkan dengan jemur sauna (burung kering kerodong kering) untuk mendongkrak emosinya dan membuat nafasnya agar lebih panjang.

6. Masukkan dalam kandang umbaran

Memasukkan kacer ke dalam kandang bertujuan agar menjadi lebih agresif, sebaiknya kacer dibuat agar semi giras karena kalau terlalu jinak biasanya kacer rawan mbagong, caranya dengan diumbar seminggu 2-3 kali agar naluri liarnya kembali lagi.

7. Naikkan porsi extra food

Kacer merupakan burung pemakan serangga yang membutuhkan protein dalam jumlah besar untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Memberi makan kacer dengan voer berprotein rendah mewajibkan kita untuk menambahn extra food tinggi protein agar kebutuhan protein harian tercukupi.

Baca juga:  Dirawat sederhana pun, kacer Mario Bross tetap joss: Ini dia rahasianya!

Masih menurut onkicaubaru, jor jangkrik sekenyangnya setiap hari untuk perbaikan gizi dan memulihkan stamina kacer yang loyo.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: foto kacer, Kacer gelisah mangap waktu d jemur, kata kata kacer ngobra. 
Share yuk...