Cara Merawat Cipoh Liar

Burung sirtu / cipoh yang banyak diperjualbelikan di toko burung biasanya merupakan cipoh hasil tangkapan liar yang tidak terbiasa berada dekat dengan lingkungan manusia. Bila Anda membeli cipoh hasil tangkapan liar berikut artikel tentang cara merawat cipoh liar agar mampu beradaptasi.

Burung sirtu

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

Cara melatih cipoh liar

  • Memberikan waktu agar sirtu/cipoh beradaptasi dengan sangkar, berikan makanan seperti makanan alami burung sirtu dan perawatan lain seperti mandi dan jemur.

Perubahan cara hidup sirtu liar menjadi sirtu peliharaan secara umum akan menimbulkan stres. Oleh karena itu pada periode ini letakkan burung di tempat tenang dan berikan sirtu / cipoh dengan makanan alaminya seperti jangkrik, ulat dan kroto sepuasnya. Bila sirtu terlihat terlalu takut dengan manusia dan tidak mau makan burung bisa di krodong. Pastikan burung mau makan! Mandikan burung dengan cara disemprot sambil dijemur bila cuaca cerah kemudian letakkan kembali di tempat yang tenang.

  • Mendekatkan dengan manusia.

Setelah burung terbiasa dengan sangkar dan lahap makan, langkah selanjutnya dengan membiasakan burung dekat dengan manusia dengan cara meletakkan sangkar di tempat yang lebih ramai. Pastikan burung tetap mau makan. Cara lain adalah dengan memberikan makanan kesukaan cipoh seperti jangkrik dan kroto dengan tangan.

  • Mengenalkan voer untuk sirtu / cipoh.
Baca juga:  Burung Sirtu / Cipoh

Karena pemberian serangga untuk burung peliharaan tidak bisa selengkap sebagaimana burung makan di alam liar, menggunakan voer untuk cipoh merupakan cara bijak karena voer sudah dilengkapi dengan vitamin dan mineral penting untuk burung. Gunakan voer untuk cipoh yang dibuat dari bahan utama serangga seperti pakan alami burung di alam liar. Lihat rekomendasi produk kami di bawah.

Cara melatih sirtu makan voer yang paling mudah adalah dengan melumat voer dengan kroto atau makanan kesukaan cipoh yang lain seperti jangkrik. Lakukan langkah ini sampai cipoh mau makan voer

Bila Anda menggunakan voer biasa yang tidak mengandung serangga pastikan untuk memberikan extra food seperti terutama jangkrik, ulat dan kroto untuk menambah jumlah protein harian.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: cara merawat sirtu liar biar gacor, cara merawat sirtu pikatan, cara merawat sirtu stres, cara merawat cipoh liar, cara menjinakan sirtu tangkapan, cara merawat sirtu macet bunyi, cara merawat sirtu tangkapan hutan, cara merawat sirtu stress, cara merawat sirtu tangkapan, merawat cipoh tangkapan. 
Share yuk...