Jalak Kebo

Jalak kebo atau jalak hitam (Acridotheres javanicus) dikenal juga dengan sebutan jalak ungu dan jalak penyu merupakan burung dari famili jalak dengan penyebaran di Asia Timur, Asia Tenggara dan Indonesia bagian barat.

Jalak keboKeberadaan jalak kebo di alam bebas sudah tidak sebanyak dulu ketika belum banyak dipelihara sebagai burung hobian. Bahkan dulu jalak hitam biasa dijadikan menu makanan di restoran seperti halnya burung tekukur atau burung balam dan burung punai.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

Habitat dan kebiasaan hidup

Seperti halnya jalak putih, tempat hidup jalak hitam meliputi hutan sekunder terbuka, taman kota, dan lingkungan yang dekat dengan manusia. Dalam mencari makan jalak kebo selalu berkelompok dan kadang telihat berpasangan. Bersarang dilobang pohon dan celah pelepah. Saat mau tidur jalak hitam selalu mengeluarkan suara.

Pakan alami

Serangga dan buah.

Karakter

Penurut dan mudah dijinakkan.

Daya tarik

Selain membuka sayapnya saat berkicau seperti jalak putih dan jalak suren, jalak hitam yang dilatih sejak anakan bisa berbicara seperti seperti burung beo.

Kelemahan

Kakinya mudah bersisik dan jarang ditemukan jalak hitam yang berumur panjang.

Harga jalak kebo

Harga anakan usia dibawah 2 bulan adalah sekitar Rp75.000 – Rp100.000 bila sudah berusia 2 – 4 bulan harga menjadi sekitar Rp150.000 – Rp200.000 dan bila sudah dewasa harga sekitar Rp300.000 – Rp350.000

Tips khusus pemeliharaan jalak kebo

Gunakan sangkar soliter ukuran besar untuk merawatnya sehingga kelebihan yang dimiliki burung ini bisa dinikmati secara optimal. Selain itu dengan sangkar besar diharapkan bisa memperlambat tumbuhnya sisik pada kaki dan berumur lebih panjang. Memelihara beberapa pasang dalam kandang besar juga bisa dicampurkan dengan jenis burung lain.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: jalak ungu, jalak kebo, makanan jalak kebo. 
Share yuk...