Voerzoo Insect Blend

Voer berprotein tinggi pengganti serangga dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Info lengkap klik sini!. #GaPerluSeranggaLagi

Karya Batara Cup I Muara Teweh: Murai Batu Bajak Laut nyaris Double Hattrick!!!

Luar biasa penampilan murai batu Bajak Laut ketika mengikuti lomba burung berkicau Karya Batara Cup I di halaman MTs Negeri Muara Teweh, Kalimantan Tengah, Minggu (16/4). Tampil di semua (6) kelas yang dilombakan, gaco andalan Om Dwi Sampit (Satria Muda BC) ini sukses mencetak quintrick atau lima kali juara 1. Bahkan Bajak Laut nyaris double hattrick, tetapi digagalkan murai batu Bazoka milik Om Edy (Muara Teweh).

Dalam even ini, panitia yang digawangi Om Aswad (ketua pelaksana) dan Om Herman Rokmana (penanggungjawab) membuka lima kelas, yakni Muara Teweh (kelas utama), Teweh Tengah, Teweh Baru, Teweh Selatan, dan Teweh Timur.

Kelas Muara Teweh (tiket Rp 350 ribu) hanya melombakan dua jenis burung, masing-masing murai batu dan cucak hijau. Murai batu Bajak Laut terbaik di kelas ini, mengungguli Ranger milik Om Ipank (Puruk Cahu) dan Bazoka andalan Om Edy (Muara Teweh).

Kelas Teweh Tengah A dan B juga dimenangi Bajak Laut. Tak cukup dengan hattrick, murai langganan juara milik Om Dwi Sampit (Satria Muda BC) ini masih sanggup menjuarai dua kelas lagi, yaitu Teweh Baru dan Teweh Timur.

Bahkan Bajak Laut nyaris menyapubersih enam kelas yang dimainkan. Sayangnya, tatkala berlaga di Kelas Teweh Selatan, Bajak Laut harus puas di posisi ketiga. Kelas ini dimenangi murai batu Bazoka. Bajak Laut pun dinobatkan sebagai murai batu terbaik dalam even ini.

Persaingan cucak hijau yang digelar enam sesi justru lebih ramai, terutama antara Birmaster andalan Om Efendi (MT Darmansa) dan Cotet kepunyaan Om Budi (Muara Teweh). Keduanya tampil joss dan saling mengalahkan. Birmaster sukses menjuarai kelas utama, mengungguli Cotet serta Salto orbitan Om Heru (Muara Teweh).

Namun Cotet mampu melakukan revans ketika menjuarai Kelas Teweh Tengah A. Bismater berada di urutan kedua, disusul Bodrex milik Om Dwi Sampit (Satria BC).

Perseteruan kedua cucak hijau ini masih berlanjut pada sesi-sesi berikutnya. Cotet mampu menjuarai tiga kelas, serta dua kali juara 2. Adapun Birmaster meraih double winner, serta sekali juara 2 dan 3. Cotet pun berhak menyandang gelar cucak hijau terbaik.

Predikat kacer terbaik diraih Sendiko kepunyaan Om Bowo (Puruk Cahu BC), setelah menjuarai dua kelas dan sekali juara 5.

Adapun kenari terbaik diraih Bumble Bee milik Om Rafiq dari Muara Teweh BC. Burung ini mencetak hattrick serta sekali juara 3 pada semua (4) kelas yang dilombakan. Kenari Shadow andalan Om Tri (Muara Teweh) juga tampil apik, dengan meraih juara 1, 2, 2, dan 2.

Kemenangan kenari Bumble Bee turut mengantar Muara Teweh BC menjadi juara umum bird club / tim. Adapun juara umum single fighter diraih Edy SF, juga dari Muara Teweh, yang moncer bersama murai batu Bazoka.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerja keras teman-teman panitia, even Karya Batara Cup dapat berjalan lancar dan sukses, dengan diikuti 677 peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah,” kata Om Aswad, ketua pelaksana. (OK-1)

Produk rekomendasi!

Voerzoo Insect BlendVoerzoo Insect Blend! Voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Sangat bagus sebagai makanan utama maupun extra food murai batu, kacer, ciblek, pentet/ cendet, gelatik watu, sirtu /cipoh, dll.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.

Cara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik dan kroto sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga seperti murai, kacer dan lain-lain. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa pakan tersebut burung menjadi kurang sehat & tidak mau berkicau. Ilmu pengetahuan & pemahaman manusia tentang nutrisi terus berkembang. Pada jaman dimana manusia belum mengenal api mereka makan daging mentah. Setelah … Continue reading