Kepodang

Kepodang

Kepodang (oriolus chinensis) merupakan burung pengicau yang mempunyai bulu yang indah dan juga terkenal sebagai burung pesolek yang selalu tampil cantik, rapi, dan bersih termasuk dalam membuat sarang. Didominasi oleh warna kuning dengan beberapa bagian berwarna hitam (lihat di bawah). Dalam bahasa Ingris disebut black-naped oriole oleh masyarakat Sunda sering dinamakan bincarung.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! Ingin bertanya? Whatsapp 08111800809 (sales voerzoo)

Dikenal ada 2 jenis burung kepodang yaitu kepodang kapas (oriolus chinensis) dan kepodang batu (orilus xanthonotus). Kepodang kapas memiliki bulu berwarna kuning muda dengan paruh putih kemerahan sedangkan kepodang batu memiliki bulu berwarna kuning tua (kuning kunyit) denganparuh berwarna hitam. Kepodang batu juga sering disebut dengan kepodang hutan. Dilihat dari sisi penampilan, kepodang kapas lebih penampilan yang menarik karena terlihat bersih. Kepodang batu relatif lebih ssulit untuk dijinakkan.

Habitat dan kebiasaan hidup

Kepodang kapas biasanya hidup tak jauh dari penduduk seperti kebun maupun taman kota, sedangkan kepodang batu lebih menyukai hidup di hutan sekunder terbuka. Dalam kesehariannya kepodang sering hidup berpasangan dan terkadang soliter. Kebiasaan lain yang sselalu dilakukan di alam bebas adalah terbang berkejaran dengan pasangannya.

Baca juga:  Suara Burung Kepodang

Pakan alami

Makanan burung kepodang adalah buah-buahan manis, beragam jenis serangga dan ulat.

Berikan pakan berupa buah-buahan yang rasanya manis dan segar, misalnya pepaya atau mangga. Berikan buah-buahan secara rutin setiap hari.

Pakan tambahan seperti jangkrik, ulat bambu, dan serangga lainnya bisa diberikan secukupnya. Porsi jangkrik biasanya 2-3 ekor pada pagi hari dan 1 – 2 ekor pada sore hari. Ulat bambu cukup 1 ekor, yang diberikan 2 – 3 kali seminggu. Adapun ulat hongkong bisa diberikan sebagai selingan (untuk membuatnya jinak).

Karakter

Pemalu dan bisa berubah menjadi manja bila sudah lama dalam memeliharanya.

Daya tarik

Selain bulunya yang kuning cerah, bila sudah jinak dan rajin berkicau, kepodang akan menyambut tuannya dengan kicauan sambil mengembangkan bulu.

Kelemahan

Sangat sulit untuk membuatnya rajin berkicau bila dijadikan burung peliharaan tidak seperti ketika berada di alam bebas.

Tips khusus perawatan burung kepodang

Pelihara dalam sangkar besar secara berpasangan untuk bisa menikmati daya tarik burung ini secara optimal. Selain itu bila dipelihara dalam sangkar besar burung kepodang bisa kawin dan berkembangbiak sekalian ikut melesstarikan populasi burung ini.

Baca juga:  Suara Burung Kepodang

Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: makanan burung kepodang, makanan kepodang, makanan kesukaan kepodang, pakan burung kepodang, Burung kuning, makanan burung podang, makanan kepodang emas, burung warna kuning, pakan kepodang, kepodang. 
Share yuk...