Makanan Burung Kenari


Makanan burung kenari utama adalah biji bijian. Kenari merupakan jenis burung finch atau pemakan bijian. Memberi makan kenari dengan makanan lengkap dan seimbang secara spesifik akan membuat kenari lebih sehat & lebih rajin berkicau, membuat anakan kenari cepat gacor, membuat warna & postur kenari lebih bagus, dan sangat bagus untuk breeding. Apa saja?

Makanan burung kenari

1. Canary seed

Canary seed merupakan bijian makanan burung kenari yang biasanya dikomposisikan sebanyak 40% dari total makanan burung kenari.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! Ingin bertanya? Whatsapp 08111800809 (sales voerzoo)

Berdasarkan hasil studi fatsecret.com canary seed mengandung 56.58 % carbohidrat, 13.5% protein dan lemak 4.29%.

2. Biji sawi

Biji sawi merupakan bijian makanan burung kenari yang biasanya dikomposisikan sebanyak 20% tadi total pakan harian.

Menurut laporan purdue.edu per 100g biji sawi mengandung 7.6g air, 29.1g protein, 28.2g lemak, 30.2g karbohidrat, 11g fiber dan 0.5g abu. Data ini menunjukkan bahwa biji sawi termasuk makanan sumber protein.

3. Niger seed

Niger seed banyak mengandung minyak, lemak & protein sebagai sumber energi untuk kenari. Biasanya dikomposisikan sebanyak 15% dari total makanan bijian.

Pemberian niger seed sangat bagus untuk kenari yang sedang mabung (molting) untuk membantu mempercepat pemulihan pergantian bulu. Untuk pemakaian harian dicampurkan pada pakan bijian lain.

Baca juga:  Ternak Kenari Yang Baik

Berdasarkan pengalaman kenarian, niger seed ini sangat disukai oleh kenari.

Nutrition fact (birding.about.com):

  • 35% fat (25% minimum)
  • 18% protein (16% minimum)
  • 18% fiber (20% maximum)
  • 12% moisture (maximum)

4. Milet putih dan milet merah

Milet merupakan bijian makanan burung kenari yang biasanya dikomposisikan sebanyak 25% tadi total pakan harian.

Menurut wikipedia.org per 100g milet memiliki nilai kandungan nutrisi 72.8g karbohidrat, 11g protein dan 4.3g lemak.

Campurkan keempat jenis makanan di atas dan berikan sebagai makanan burung kenari dengan jumlah takaran harian sekitar 1-2 sendok teh.

Selain bijian kenari juga makan makanan tambahan dan populer dengan istilah extra food. Digunakan untuk melengkapi kekurangan nutrisi dari biji-bijian seperti protein, vitamin, mineral, serat, dll dengan porsi 25% dari dari total pakan harian seperti dilanjutkan di bawah ini.

5. Telur

Telur merupakan sumber makanan kaya protein pengganti serangga yang biasa dimakan kenari di alam liar. Protein memasok otot dengan asam amino untuk menjaganya kuat dan sehat. Berdasarkan pengalaman terkait hasil yang diperoleh, telur puyuh memberikan manfaat lebih bagus untuk kenari bila dibandingkan dengan telur ayam. Hal ini ditunjukkan dengan kenari lebih sering berkicau. Pemberian telur secara berlebihan akan membuat kenari kegemukan & terlihat malas.

Baca juga:  Agar Kenari Memiliki Warna Cerah Menawan

6. Buah & Sayur

Kaya serat & vitamin. Untuk buah bisa menggunakan apel sedangkan untuk sayur bisa menggunakan brokoli, caisim, sawi, dll. Wortel kaya akan beta karoten yang menjadikan warna bulu bagus & tidak kusam. Pemberian wortel akan sangat sulit bila tidak dalam bentuk makanan olahan jadi. Mentimun bermanfaat untuk melegakan tenggorokan sehingga membuat kicauan lebih panjang & menetralisir kandungan kolesterol dalam darah sebagai akibat pemberian telur.

7. Madu

Cairan ajaib ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan & kekebalan tubuh. Pemberian madu cukup sulit bila tidak dalam bentuk olahan makanan jadi.

8. Rempah

Bermanfaat untuk menghangatkan tubuh membuat kenari tetap fit di cuaca dingin. Pemberian rempah juga sangat sulit bila tidak dalam bentuk olahan makanan jadi.

9. Gandum & Jagung

Mengandung banyak karbohidrat untuk energi. Biasanya dalam pakan bijian mix yang beredar di pasar dua jenis sumber karbohidrat ini tidak ada.

10. Kalsium

Bagus untuk tulang & paruh. Berikan tulang sotong dengan cara dicantel pada sangkar & bisa bertahan selama setahun. Tulang sotong banyak mengandung kalsium & mineral.

Baca juga:  Manfaat Telur Puyuh Untuk Kenari

Pemberian extra food nomer 5-9 bisa diganti menggunakan voerzoo kenarian. Voerzoo kenarian merupakan all in extra food untuk kenari dibuat dari egg food telur puyuh, madu, rempah, buah & sayur termasuk wortel yang sangat bagus agar kenari memiliki warna cerah menawan. Dibuat melalui proses research dan review selama lebih dari 1 tahun menggunakan lebih dari 100 kenari. Cukup voerzoo kenarian & bijian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang kenari.

Memberikan makanan yang baik untuk burung tidak hanya agar burung mampu bertahan hidup, tetapi juga agar mereka sehat & rajin berkicau!


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: gambar burung kenari di alam liar. 
Share yuk...