Makanan Murai Batu

Makanan murai batu di alam liar adalah beragam jenis serangga seperti jangkrik, ulat, kroto dan sesekali terlihat turun ke tanah untuk mengais cacing. Memberikan makanan burung murai seperti pakan alaminya akan membuat murai batu sehat dan lebih rajin berkicau.

Makanan murai batu yang bagus

Menggunakan voer sebagai pakan murai merupakan pilihan bijak karena murai peliharaan tidak bisa mendapatkan beragam jenis makanan yang biasa dimakan murai batu di alam liar. Selain itu voer sudah dilengkapi vitamin dan mineral penting untuk burung. Memberikan hanya sedikit jenis serangga dan kurang pas dalam mengkomposisikan jumlahnya akan membuat ketidakseimbangan nutrisi.

Voer yang bagus untuk murai batu.

Voer yang bagus untuk murai batu harus memiliki protein yang sama dengan protein yang terdapat pada serangga karena murai merupakan burung pemakan serangga. Memberikan voer dengan sumber protein selain serangga akan membuat murai mengalami ketidaksimbangan nutrisi.

Contoh voer khusus murai yang bagus dan termasuk dalam produk rekomendasi kami adalah voerzoo insect blend (lihat produk rekomendasi kami di bawah). Voerzoo insect blend memiliki kadar protein 30% (min) dengan sumber protein utama berasal dari serangga. Dengan voer ini murai batu sudah tidak perlu lagi diberikan serangga hidup karena sudah memiliki kandungan nutrisi lengkap dan seimbang termasuk vitamin dan mineral. Voer ini sangat bagus sebagai voer untuk murai batu bakalan, anakan, trotol, makanan murai batu mabung, sedang dorong ekor agar maksimal, sebagai makanan murai batu biar gacor, maupun melatih murai batu makan voer karena aroma serangga yang kental pada voer ini membuat murai lebih cepat mengenali voer sebagai makanan.

Voerzoo insect blend: voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. #GaPakeSeranggaGaApaApa

Bagaimana cara mengetahui voer bagus/sesuai untuk murai batu?

  1. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat performansi murai seperti sehat, aktif dan rajin berkicau bila murai hanya diberikan voer tersebut tanpa tambahan extra food.
  2. Kemudian lihat bentuk kotoran harus mirip seperti bila murai batu hanya diberikan makanan seperti pakan alaminya. Murai batu yang hanya diberikan makanan beragam jenis serangga, ulat, kroto, cacing, dll akan mengeluarkan kotoran berwarna putih dengan sedikit bagian gelap dibagian tengahnya. Di bagian terluar mengandung sedikit air yang merupakan urine karena saluran urinaria burung bermuara di kloaka. Warna putih pada kotoran murai batu adalah urea dan uric acid yang merupakan indikasi bahwa murai batu makan makanan yang sesuai yaitu makanan dengan porsi besar protein. Warna gelap di bagian tengah merupakan feces/kotoran yang sebenarnya.

Apabila voer yang diberikan menghasilkan kotoran berwarna sebagian besar gelap (coklat/hijau tergantung voer) dengan sangat sedikit urea dan uric acid (putih) artinya sangat banyak makanan yang hanya melewati sistem pencernaan tanpa bisa dicerna oleh burung. Burung akan terlihat makan secara terus menerus untuk mendapatkan jumlah protein cukup untuk kebutuhan metabolisme harian. Akibatnya menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi yang dalam jangka panjang akan menyebabkan bulu rusak, mabung tidak wajar, lesu dan kicauan yang kurang bagus.

Voer yang banyak beredar rata-rata memiliki kadar protein 18%, angka tersebut masih kurang dari kebutuhan protein harian burung murai batu. Bisa dilihat bila tanpa extra food murai batu akan lesu dan kurang sehat. Sebagai solusi murai batu wajib diberikan makanan tambahan seperti jangkrik, ulat, kroto, cacing, dll untuk menambah asupan protein.

Bila Anda menggunakan voer dengan kadar protein 18%, tambahkan extra food kaya protein untuk menambah asupan protein harian. Beberapa penghobi murai batu yang sudah berpengalaman menggunakan jangkrik (pagi 5 + sore 5), cacing (2 ekor per hari) dan ulat hongkong sekitar 3 ekor per hari sebagai extra food untuk tambahan protein. Ketiga jenis makanan extra food tersebut dipilih karena mudah didapat dan hampir selalu ada di toko pakan burung. Berbeda dengan kroto yang musiman. Konsisten dalam cara memberi makan murai batu merupakan hal penting dalam merawat murai batu.

Minuman yang bagus untuk murai batu

Minuman paling bagus untuk murai batu adalah air putih segar. Mencampurkan vitamin ke dalam minuman membutuhkan perhatian khusus karena potensi terkontaminasi penyakit lebih tinggi. Sebagai perbandingan lain dalam kehidupan sehari-hari misalnya, susu sangat bagus dikonsumsi manusia tapi dalam batasan tertentu. Kopi, teh, dll bagus tapi juga dalam batasan. Minum susu sepanjang hari tanpa diimbangi air putih akan membuat sakit, demikian juga dengan yang lain.

Produk rekomendasi!

Voerzoo Insect BlendVoerzoo Insect Blend! Voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Sangat bagus sebagai makanan utama maupun extra food murai batu, kacer, ciblek, pentet/ cendet, gelatik watu, sirtu /cipoh, dll.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.

Voerzoo Insect Blend

Voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. #GaPakeSeranggaGaApaApa

Cara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik dan kroto sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga seperti murai, kacer dan lain-lain. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa pakan tersebut burung menjadi kurang sehat & tidak mau berkicau. Ilmu pengetahuan & pemahaman manusia tentang nutrisi terus berkembang. Pada jaman dimana manusia belum mengenal api mereka makan daging mentah. Setelah … Continue reading


Halaman ini tentang: minuman yang bagus untuk murai batu, voer terbaik untuk murai batu, merk voer terbaik untuk murai, voer untuk murai batu, pakan murai batu agar cepat birahi, meningkatkan birahi murai batu jantan, merk voer yang bagus untuk murai, voer terbaik untuk murai, merek voer yang bagus untuk murai, porsi cacing untuk murai batu.