Makanan Pengganti Jangkrik dan Kroto Untuk Murai Batu

www.youtube.com

Jangkrik dan kroto merupakan makanan berprotein tinggi yang biasa digunakan penghobi burung sebagai extra food untuk menambah asupan protein harian murai batu. Tanpa kecukupan protein, murai batu akan lesu dan tidak mau berkicau.

Namun demikian ada waktu-waktu tertentu dimana kedua makanan tersebut langka. Agar kebutuhan protein harian tetap tercukupi kita bisa menggunakan alternatif-alternatif pakan pengganti jangkrik untuk murai batu yang juga bisa bisa sekaligus pengganti kroto untuk murai batu.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

1. Telur

Telur termasuk makanan sumber protein hewani dengan bioavailabilitas 100% (www.apki.or.id). Kita juga tau kalau embrio burung pertama kali mendapatkan asupan makanan dari telur kan? Artinya telur sangat aman bila digunakan sebagai makanan tinggi protein pengganti jangkrik dan kroto untuk murai batu.

Anda bisa menggunakan telur ayam, bebek atau puyuh.

Caranya kocok telur sehingga bagian putih telur menyatu dengan kuning telur kemudian masukkan dalam wadah untuk direbus/kukus, jangan digoreng ya. Setelah matang kemudian diremuk, dilumatkan dengan voer yang biasa diberikan.

Dengan dilumatkan bersama voer, diharapkan murai bisa dengan mudah mengenali telur rebus tersebut sebagai makanan.

2. Tahu putih

Tahu putih termasuk makanan sumber protein nabati. Cara pemberian bisa dengan dilumatkan bersama voer seperti cara pada telur.

3. Susu bubuk

Susu termasuk makanan sumber protein hewani yang biasa dikonsumsi. Cara pemberian dengan dicampurkan ke voer yang biasa diberikan.

4. Telur, tahu putih dan susu bubuk

Menggabungkan telur, tahu putih dan susu sebagai makanan pengganti jangkrik dan kroto akan lebih memperkaya keragaman protein dan nutrisi lainnya.

Caranya, remuk 1 sendok makan tahu putih, campurkan dengan 1 sendok makan susuk bubuk, kemudian campurkan dengan 1 butir telur, kemudian kocok sampai tercampur rata. Setelah itu rebus/kukus sampai matang.

Baca juga:  Tips Perawatan Murai Batu Barongan Andalan AWK-IP BF Pati

Cara pemberian sama seperti sebelumnya yaitu dengan dilumatkan bersama voer.

5. Voerzoo insect blend

Voerzoo insect blend merupakan voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Dengan menggunakan voerzoo insect blend murai batu sudah tidak perlu lagi diberikan jangkrik dan kroto tanpa takut murai akan mengalami ketidakseimbangan nutrisi. Voerzoo insect blend sudah lengkap dan seimbang.

Cara pemberian voerzoo insect blend pun jauh lebih mudah dibanding 4 makanan pengganti jangkrik dan kroto sebelumnya. Sebab makanan ini sudah dalam bentuk voer tinggal pakai. Aroma khas serangga yang ada pada voerzoo insect blend akan membuat murai sangat mudah mengenali voer ini sebagai makanan.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Share yuk...