Manfaat Cacing Untuk Murai Batu

Manfaat cacing untuk murai batu

Cacing merupakan salah satu alternatif sumber protein pada makanan murai batu seperti halnya jangkrik, kroto, dan ulat.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

Manfaat cacing untuk murai batu

1. Makanan sumber protein

Berprotein tinggi 62.2% (caudata.org) bila sudah dikeringkan. Murai batu merupakkan burung pemakan serangga yang memerlukan jumlah besar protein untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Cari tau kecukupan protein pada makanan murai batu disini.

2. Memenuhi kebutuhan kalsium

Mengandung cukup kalsium bahkan bila digunakan untuk breeding. Oleh karena itu cacing banyak digunakan oleh para peternak murai sebagai extra food. Kalsium penting untuk pembentukan cangkang telur dan pertumbuhan tulang anakan.

Kelebihan lain dari cacing adalah mudah diternakkan sehingga pasokan stabil (bisa dikatakan selalu ada) tidak seperti kroto yang musiman. Bila Anda mencari cacing sendiri ditanah pastikan bahwa tanah bebas pestisida.

Beberapa penghobi murai batu berpengalaman memberikan cacing 2 ekor setiap hari sebagai extra food ditambah dengan makanan favorit murai batu yang lain seperti di bawah ini.

1. Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu makanan favorit murai batu yang paling banyak digunakan penghobi sebagai extra food penambah protein. Kenapa jangkrik? Karena jangkrik memiliki pasokan stok yang stabil dengan harga terjangkau.

Karena alasan inilah dikalangan peternak murai, jangkrik banyak dijadikan sebagai makanan utama murai batu breeding.

Untuk murai peliharaan biasanya jangkrik diberikan 2 kali sehari pagi dan sore masing-masing sebanyak 5 ekor. Cara pemberiannya dengan dipencet terlebih dahulu kepalanya agar tidak menggigit kerongkongan ketika dimakan. Selain itu agar lebih aman kaki jangkrik juga bisa dibuang sebelum diberikan ke murai.

Persentase protein pada jangkrik mencapai 57.32% (manfaat.co.id) bila sudah diolah menjadi tepung. Selain itu, jangkrik juga mengandung DHA9 asam amino yang diperlukan untuk proses pembentukan sel, glutation (GSH) yang berguna untuk antioksidan pada tubuh, DHA, ARA, Omega 3, dan Omega 6 yang baik untuk pertumbuhan kecerdasan otak.

Baca juga:  Pemeliharaan Murai Batu

Jangkrik mengandung 105.49 ppm hormon progesteron, 31.78 ppm testoteron, dan 259.535 ppm estrogen, serta dapat dijadikan sumber energi dengan energi yang dihasilkan sebesar 4.87 kalori/gram.

2. Kroto

Pemberian kroto kepada murai batu biasanya akan memberikan efek positif yang cukup instan yaitu membuat murai menjadi bugar, fit, dan rajin berkicau. Pakan murai batu agar cepat gacor.

Kroto mengandung protein tinggi dan kaya akan fatty acids (en.wikipedia.org).

Kroto sangat baik untuk murai batu trotol/muda karena mampu meningkatkan perkembangan otak dan menjadikan burung lebih mudah dalam merekam suara-suara burung masteran. Selain itu kroto juga bermanfaat untuk mengatasi murai batu yang sedang macet bunyi, stres, dan lesu.

3. Ulat kandang

Ulat kandang memiliki bentuk mirip ulat hongkong namun memiliki ukuran lebih kecil dengan warna kehitam-hitaman atau kecoklat-coklatan dan gerakan lebih gesit. Ulat kandang merupakan larva dari serangga sejenis kumbang yang bernama latin alphitobius diaperinus di dalam famili Tenebrionidae. Dalam bahasa inggris, ulat ini biasa disebut sebagai lesser mealworm dan the litter beetle.

Manfaat ulat kandang untuk murai batu adalah sebagai makanan sumber protein.

Dibanding dengan ulat hongkong, ulat kandang memiliki kulit yang lebih lunak. Pemberian ulat kandang untuk murai batu relatif lebih aman karena tidak menyebabkan bulu rontok maupun kegemukan.

4. Ulat hongkong

Ulat hongkong (Tenebrio molitor) merupakan larva dari serangga yang bernama the mealworm beetle. Berbeda dengan ulat kandang, ulat hongkong memiliki ukuran lebih besar, warna kekuning-kuningan serta gerakan yang tidak begitu gesit.

Manfaat ulat hongkong untuk murai batu adalah sebagai makanan sumber protein. Saran pemberian dalam keadaan matang atau direbus terlebih dahulu karena ulat hongkong memiliki kulit keras.

Kandungan lemak pada ulat hongkong relatif tinggi (www.bugsolutely.com) dimana jumlahnya 2x lipat lebih dibanding jangkrik sehingga pemberian secara berlebih akan menyababkan kegemukan. Selain itu pemberian secara berlebihan juga akan menyababkan bulu rontok. Berdasarkan informasi yang di peroleh dari www.livinfarms.com ulat hongkong memiliki rasa pedas. Mungkin pedas ini yang menyebabkan suhu tubuh naik sehingga bulu rontok?

Baca juga:  Porsi Jangkrik Untuk Murai Batu

Berbeda dengan ulat kandang yang memiliki rasa nutty seperti di kutip dari sumber yang sama.

5. Belalang

Bagi yang tinggal di pedesaan, menemukan belalang di rerumputan bukanlah hal yang sulit. Belalang merupakan makanan sumber protein yang bagus untuk murai batu.

Cara memberikan belalang untuk murai batu mirip dengan cara memberikan jangkrik, bisa dibaca kembali di atas.

6. Ikan guppy

Memberi makan murai batu dengan ikan guppy selain untuk mencukupi kebutuhan protein juga sebagai sumber kalsium. Ketika murai batu makan ikan kecil secara otomatis murai juga akan ikut memakan tulang ikan. Tulang ikan merupakan sumber kalsium yang bagus untuk murai batu.

Cara memberikan ikan guppy untuk murai batu adalah dengan menaruh ikan dalam wadah berair sangat dangkal dan masukkan ke dalam sangkar. Dengan air sangat dangkal diharapkan murai batu lebih mudah dalam menangkap ikan guppi dan ikan juga tidak mudah mati.

Berapa ekor ikan guppy untuk murai batu? Cukup 1 atau 2 ekor seminggu sekali untuk menambah keragaman nutrisi. Amati terus performansi murai bila sedang mengenalkan makanan baru dan lakukan penyesuaian bila dirasa perlu.

7. Katak kecil/precil

Pembahasan ini sama seperti ikan guppy hanya berbeda dalam hal memberikannya karena katak loncat-loncat.

Berikan katak kecil yang sudah dipencet sehingga mati. Pastikan murai segera memakan katak tersebut segera setelah dimatikan. Bila terlalu lama akan berpotensi mendatangkan penyakit.

8. Telur rebus

Telur merupakan salah satu makanan pengganti jangkrik untuk murai batu. Makanan sumber protein hewani dengan bioavailabilitas 100% (www.apki.or.id). Kita juga tau kalau embrio burung pertama kali mendapatkan asupan makanan dari telur kan? Artinya telur sangat aman bila digunakan sebagai makanan tinggi protein pengganti jangkrik dan kroto untuk murai batu.

Baca juga:  Murai Batu King Shoot hattrick di Anniversary AB-K Jogja, COA BC BC dan Sonic SF Juara Umum

Kita bisa menggunakan telur ayam, bebek atau puyuh.

Cara memberikan telur untuk murai batu adalah dengan mengocok telur sehingga bagian putih telur menyatu dengan kuning telur kemudian masukkan dalam wadah untuk direbus/kukus, jangan digoreng ya. Setelah matang kemudian diremuk, dilumatkan dengan voer yang biasa diberikan.

Dengan dilumatkan bersama voer, diharapkan murai bisa dengan mudah mengenali telur rebus tersebut sebagai makanan.

9. Udang

Manfaat udang untuk murai batu adalah sebagai extra food sumber protein dan juga bermanfaat untuk menaikkan birahi. Selain tinggi protein udang juga banyak mengandung kolesterol. Seperti dikutip dari id.wikihow.com protein dan kolesterol mampu meningkatkan produksi testosteron yang akan membuat burung birahi sehingga lebih ngotot dalam berkicau.

Cara memberikan udang untuk murai batu adalah dengan mengupas udang dan potong kecil-kecil kemudian berikan kepada murai batu.

Makanan murai batu biar cepat gacor adalah makanan bernutrisi lengkap dan seimbang.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: Manfaat cacing untuk Murai batu, manfaat cacing untuk murai, manfaat cacing tanah untuk murai batu, fungsi cacing tanah untuk murai, manfaat cacing buat murai, cacing untuk murai, manfaat cacing buat murai batu, manfaat cacing tanah untuk murai, cacing untuk murai batu, cacing buat murai. 
Share yuk...