Merawat Kenari

Merawat kenari adalah hal yang mudah dan menyenangkan.

Pertama, karena mereka adalah finch/burung pemakan biji-bijian sehingga tidak perlu live food seperti ulat dan serangga.
Kedua, sudah beradaptasi dengan lingkungan karena berasal dari penangkaran.

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |
Seting kenari di film batman

A. Pemberian pakan & minum.
Pakan harian kenari adalah bijian mix & extra food. Karena bukan live food seperti ulat & serangga, bijian mix bisa ditempatkan dalam wadah besar yang untuk direfil beberapa minggu sekali . Simak cara buat tempat pakan otomatis ala kenarian disini. Tempat pakan ini didesain khusus agar kebersihan bijian mix tetap terjaga. Untuk extra food sangat bagus & praktis menggunakan Kenarian all in extra food untuk kenari.

Air minum harus selalu ada dalam sangkar. Tulang cumi sotong bagus untuk menambah asupan kalsium & mineral kenari. Pemberiannya dengan mencantelkan kedalam sangkar, bisa bertahan sampai 1 tahun. Mudah bukan?

Yang perlu diperhatikan:
1. Sebaiknya gunakan air matang & jangan dicampur dengan vitamin. Pemberian vitamin menyebabkan air berbau.
2. Hindarkan bijian mix dari air karena menyebabkan jamur.

Baca juga:  Menentukan Jenis Kelamin Kenari

B. Mandi
Seperti manusia kenari juga butuh mandi. Lakukan setidaknya 2x dalam seminggu. Caranya mudah, cukup berikan air dalam cepuk kemudian masukkan dalam sangkar. Biasanya kenari akan mandi dengan sendirinya.

C. Jemur
Penjemuran berfungsi untuk menjaga kesehatan bulu, mengusir kutu, membantu memenuhi kebutuhan vitamin D. Sebaiknya dilakukan minimal 1x dalam seminggu sekitar 1 jam dipagi hari. Kenari akan sangat menyukainya.

D. Kebersihan kandang
Menjaga kebersihan kandang adalah wajib. Anda tidak perlu risau karena kotoran kenari sedikit & kering. Artinya bisa dilakukan seminggu sekali waktu weekend apabila Anda sibuk. Apabila kotoran basah dan berbau tajam berarti ada masalah dengan sistem pencernaan atau ada masalah dengan asupan makanan harian. Dengan pemberian kenarian premium masalah kotoran bau akan teratasi dengan baik.

Penting! Jauhkan kenari dari gigitan nyamuk karena akan menyebabkan bentol-bentol.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Share yuk...