Voerzoo Insect Blend

Voer berprotein tinggi pengganti serangga dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Info lengkap klik sini!. #GaPerluSeranggaLagi

Perawatan Murai Batu Mabung

Merawat murai batu mabung tidak sama dengan merawat murai batu dalam keadaan normal. Ada batasan-batasan yang perlu diperhatikan agar proses mabung berjalan dengan baik.

Perawatan murai batu mabung

Perawatan murai batu mabung

Pertama, berikan murai batu mabung dengan makanan berprotein tinggi serta nutrisi lengkap seimbang.

Mabung adalah proses tumbuhnya bulu baru dengan mendorong bulu lama sehingga jatuh/ambrol. Agar pertumbuhan bulu yang baru optimal, sangat penting untuk memberikan makanan berprotein tinggi selama proses ini. Protein merupakan komponen utama pembentuk bulu.

Proses mabung terjadi secara periodik setiap tahun. Khusus murai batu anakan akan mengalami 3 kali mabung pada 2 tahun pertama. Mabung bisa terjadi diluar cycle bila murai batu mengalami stres, makanan murai batu tidak sesuai, dan sakit.

Kedua, kerodong sangkar dan tempatkan di tempat yang nyaman.

Dialam liar, selama proses mabung burung murai akan lebih banyak bersembunyi karena menyadari bahwa dirinya berada dalam kondisi lemah. Sangat mudah bagi predator untuk menyerangnya. Demikian juga ketika menjadi burung peliharaan, sifat alaminya tidak berubah. Tanpa kerodong dan tempat yang nyaman cukup sulit bagi murai batu untuk memulai proses mabung.

Ketiga, jauhkan dari murai batu lain karena murai batu merupakan burung petarung.

Pada saat mabung murai batu pada kondisi yang lemah dan menggunakan sebagian besar energinya untuk proses mabung. Mendekatkan dengan murai batu lain akan membuat murai merasa tertangtang dalam kondisi yang lemah sehingga memicu stress.

Keempat, berikan murai batu kesempatan untuk mandi sehari sekali. Hal ini akan membuat burung selisik yang bagus untuk membantu pertumbuhan bulu dan membuat bulu bersih.

Perawatan murai batu mabung yang baik akan mengoptimalkan kualitas bulu dan memungkinkan bisa menambah panjang ekor bila ditunjang oleh faktor genetis dan pemberian makanan kaya nutrisi terutama protein yang merupakan komponen utama pembentuk bulu.

Bila nutrisi bagus, proses mabung pertama ditandai dengan jatuhnya 2 ekor utama terpanjang kemudian 2 ekor utama kedua yang lebih pendek dan seterusnya. Proses mabung sampai benar benar selesai biasanya memakan waktu kurang lebih 3 bulan dan yang paling lama adalah pertumbuhan bulu ekor terpanjang.

Produk rekomendasi!

Voerzoo Insect BlendVoerzoo Insect Blend! Voer berprotein tinggi dengan sumber protein utama berasal dari protein serangga. Sangat bagus sebagai makanan utama maupun extra food murai batu, kacer, ciblek, pentet/ cendet, gelatik watu, sirtu /cipoh, dll.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.

Cara Lebih Baik Memberikan Jangkrik & Kroto Untuk Burung

Jangkrik dan kroto sangat dibutuhkan oleh burung pemakan serangga seperti murai, kacer dan lain-lain. Pemberian secara konvensional adalah dalam bentuk hidup (live food). Tanpa pakan tersebut burung menjadi kurang sehat & tidak mau berkicau. Ilmu pengetahuan & pemahaman manusia tentang nutrisi terus berkembang. Pada jaman dimana manusia belum mengenal api mereka makan daging mentah. Setelah … Continue reading


Halaman ini tentang: berapa lama murai batu mabung, perawatan murai trotol mabung pertama, perawatan murai batu mabung pertama, ciri ciri murai batu mabung, berapa lama proses mabung murai batu, berapa lama murai batu mabung pertama, perawatan murai mabung pertama, murai batu mabung pertama, Berapa lama murai mabung, murai mabung pertama.