Cara Merawat Murai Batu Muda Hutan Agar Cepat Gacor

Perawatan Murai Muda Hutan_compressed
youtube.com

Murai batu muda hutan memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding murai batu hasil penangkaran namun untuk merawat murai ini dibutuhkan kehati-hatian agar murai batu tidak mati. Jangan sampai tujuan ingin berhemat tapi malah berujung rugi.

Cara merawat murai muda hutan berbeda dengan murai yang sudah lama dipelihara. Perbedaan utama adalah pada kebiasaan dan makanan.

Free ongkir sampai Rp30,000 untuk minimal order 4 pcs 225g >> Whatsapp 08111800809

Voer terbaik murai batu bisa dibeli melalui >> Tokopedia | Bukalapak | Shopee (lagi ada diskon!)| LAZADA (bisa COD) |

RESELLER klik disini! >> Whatsapp 08111800809
Baca juga: Merk Voer Terbaik Untuk Murai Batu

Cara merawat murai batu muda hutan agar cepat gacor

1. Memberi makan murai batu dengan makanan alaminya

Pada awal murai dibeli, coba pegang badan murai batu dan raba di bagian dada. Dari sini kita bisa menilai murai batu kurus ato gemuk. Bila kurus jangan dulu melatih murai batu muda hutan untuk makan voer karena bisa menyebabkan kematian.

Sangat penting dalam perawatan murai batu muda hutan agar cepat gacor adalah memberi makanan seperti makanan alaminya. Gunakan jangkrik, ulat dan kroto yang tersedia di toko pakan burung dengan tanpa batasan. Biarkan murai memilih sesuka hati. Yang penting murai lahap makan. Menjaga murai batu tetap makan adalah cara merawat murai batu muda hutan agar tidak mati.

Baca juga:  Murai Batu Nias Ekor Hitam

Meletakkan murai di tempat sepi juga sangat membantu agar murai batu lahap makan. Cara lain adalah dengan mengkrodong.

Pemulihan kondisi murai pasca penangkapan dari alam liar sangat penting pada periode ini.

Bila murai terlihat sehat, aktif dan makan lahap bisa di lanjutkan dengan langkah selanjutnya yaitu menjinakkan murai.

2. Menjinakkan murai

Langkah awal cara merawat murai muda hutan yang lain adalah menjinakan, membiasakan murai batu hasil tangkapan liar terbiasa berada di lingkungan manusia. Setelah terbiasa biasanya murai batu akan mulai berkicau. 

Cara menjinakan murai batu muda hutan yang paling umum adalah metakkan sangkar murai kira-kira setinggi mata orang dewasa. Tidak masalah bila murai loncat kesana kemari. Pada awalnya memang seperti itu namun lama-lama murai akan terbiasa dan tenang.

Penting disini adalah memastikan bahwa murai batu tetap mau makan. Bila tidak mau makan, krodong murai setiap waktu-waktu makan misalnya pagi, siang, sore dan kemudian buka krodong kembali setelah makan dirasa cukup.

Baca juga:  Perawatan Murai Batu

3. Mandi

Berikan cepuk berisi air ke dalam sangkar murai. Mandi akan membuat murai merasa nyaman. Bila murai belum mau mandi. Semprot murai dengan sprayer halus. Langkah ini akan memancing murai untuk mandiri sendiri pada cepuk berisi air yang sudah disediakan. Bila tetap tidak mau ulangi langkah ini dihari selanjutnya.

4. Jaga kebersihan kandang

Menjaga kebersihan sangkar sangat diperlukan agar murai batu sehat dan terlihat menyenangkan. Bersihkan sangkar setiap hari.

5. Mastering

Murai batu merupakan burung cerdas yang mampu menirukan suara burung lain yang ada disekitarnya. Mastering adalah memperdengarkan suara burung lain agar murai menirukan sehingga memiliki suara yang beragam. Mastering bisa dilakukan menggunakan MP3 kapan saja, tidak perlu waktuwaktu tertentu. Murai dialam liar mendengar suara burung lain sepanjang waktu.

Ringkasan perawatan murai muda hutan

Point 1 merupakan point yang sangat penting tentang cara merawat murai batu muda hutan agar tidak mati. Point 2 adalah cara merawat murai batu muda hutan agar cepat gacor. Murai batu tidak akan berkicau bila belum merasa nyaman berada dilingkungan manusia. Point 3,4 dan 5 merupakan bagian dari perawatan murai batu secara umum.

Baca juga:  Cara Memilih Bahan/Bakalan Murai Batu Bagus

Pemberian pakan dengan kandungan nutrisi yang baik adalah dasar agar murai batu sehat & rajin berkicau.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Share yuk...