Cara Mengetahui Kecukupan Protein Pada Makanan Murai Batu

Apakah makanan murai batu yang kita berikan sudah cukup jumlah proteinnya? Bagaimana cara mengetahuinya? Murai batu merupakan burung pemakan serangga yang membutuhkan jumlah besar protein untuk menunjang kebutuhan hidupnya.

Tulisan ini pada didasarkan pada pengalaman penghobi murai batu asal Singapura, David De Souza dalam blognya davidsbirds.blogspot.co.id.

Free ongkir sampai Rp30,000 untuk minimal order 4 pcs 225g >> Whatsapp 08111800809

Voer terbaik murai batu bisa dibeli melalui >> Tokopedia | Bukalapak | Shopee (lagi ada diskon!)| LAZADA (bisa COD) |

RESELLER klik disini! >> Whatsapp 08111800809
Baca juga: Merk Voer Terbaik Untuk Murai Batu

Cara yang paling mudah untuk mengetahui kecukupan protein pada makanan murai batu adalah dengan melihat kotorannya dimana acuannya adalah kotoran ketika murai batu hanya diberikan makanan seperti pakan alaminya.

Murai batu yang hanya diberikan beragam jenis serangga, ulat, kroto, cacing, dll akan mengeluarkan kotoran berwarna putih dengan sedikit bagian gelap dibagian tengahnya. Di bagian terluar mengandung sedikit air yang merupakan urine karena saluran urinaria burung bermuara di kloaka. Warna putih pada kotoran murai batu adalah urea yang merupakan indikasi bahwa murai batu makan makanan yang sesuai yaitu makanan dengan porsi besar protein. Warna gelap di bagian tengah merupakan feces/kotoran yang sebenarnya. Sedikitnya jumlah kotoran disebabkan karena burung yang mampu mencerna makanan dengan baik sehingga hanya mengeluarkan sedikit sisa makanan yang tidak dapat dicerna. Pernah melihat kotoran dari burung liar pemakan serangga disekitar rumah, kebun, maupun persawahan? Warnanya juga seperti itu kan?

Baca juga:  Makanan Pengganti Jangkrik dan Kroto Untuk Murai Batu

Pemberian voer dengan persentase protein 18% seperti yang banyak beredar di pasar masih kurang mencukupi kebutuhan protein harian. Buktinya dengan pemberian voer secara eksklusif tanpa penambahan makanan lain murai tidak bisa perform kan? Kotoran juga tampak coklat atau warna lain menyesuaikan warna voer. Untuk menjaga performansi murai membutuhkan protein tambahan dengan cara menambahkan makanan kaya protein seperti jangkrik dan kroto. Biasanya penghobi murai memberikan sekitar 10 – 20 ekor jangkrik sebagai makanan tambahan setiap hari. Cara lebih baik memberikan jangkrik dan kroto untuk burung.

Jumlah persentase protein pada makanan murai batu

Jumlah persentase protein pada makanan murai batu yang ideal bisa dihitung menggunakan data harian pemberian makanan murai batu. Ketahui melalui pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Berapa % kandungan protein dari voer yang dipakai saat ini: kebanyakan menggunakan voer dengan protein 18%.
  2. Berapa gr murai batu makan voer tersebut setiap harinya: beragam sekitar 4-8gr, kita anggap 5gr karena masih ada pemberian jangkrik.
  3. Berapa banyak jangkrik yang diberikan setiap hari untuk menutupi kekurangan protein dari voer: beragam biasanya penghobi murai batu memberikan 10-20 ekor jangkrik setiap hari. Hitungan ini menggunakan 15 ekor jangkrik
  4. Berapa gr berat jangkrik per ekor: sekitar 0.4gr.
  5. Berapa % kandungan protein jangkrik: beberapa penelitian menyebutkan sekitar 16% protein untuk jangkrik hasil ternakan.
  6. Berapa % kandungan air dari jangkrik, karena kita mau menghitung dengan voer yang memiliki kadar air sekitar 10%: sekitar 70% air.
Baca juga:  Cara Meningkatkan Birahi Murai Batu Agar Gacor

Dengan angka-angka tersebut bisa di simpulkan bahwa persentase kandungan protein yang sesuai pada voer untuk murai batu adalah protein 29.5%. Bila Anda menambahkan jangkrik 20 ekor setiap hari maka protein 31.6% atau 10 ekor setiap hari protein 27%.

Apakah kecukupan protein saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Selain membutuhkan kecukupan protein burung murai juga membutuhkan nutrisi lain seperti vitamin & mineral untuk tampil maksimal.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: voer khusus murai, efek jangkrik pada murai batu, manfaat jangkrik alam untuk murai, murai batu full jangkrik, efek pemberian jangkrik terlalu banyak pada murai batu, jangkrik untuk murai, jangkrik alam untuk murai, ciri ciri murai batu medan asli, berapa ekor jangkrik untuk murai, kottoran murai memakai vor tinggi protein. 
Share yuk...

yang kita berikan sudah cukup jumlah proteinnya? Bagaimana cara mengetahuinya? Murai batu merupakan burung pemakan serangga yang membutuhkan jumlah besar protein untuk menunjang kebutuhan hidupnya.