Ketahui Kebutuhan Protein pada Voer untuk Kacer Disini!

Voer untuk kacer yang beredar di pasar biasanya memiliki kandungan protein antara 14-18%. Sudah cukupkah jumlah protein tersebut? Bagaimana cara untuk mengetahuinya?

Berdasarkan angka akan sangat sulit menilai. Lebih mudah bila kita mempraktekkan langsung kemudian melihat performa kacer setelah pemberian voer. Sebagai catatan voer harus diberikan secara eksklusif tanpa ada penambahan pakan lain termasuk extra food (jangkrik dan kroto).

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok teh setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto! | Tokopedia | Bukalapak | Whatsapp 08111800809 |

Sudah menjadi pengetahuan umum bila kacer hanya makan voer, kacer akan menjadi lesu. Dan untuk menaikkan performa, kacer harus diberikan makanan tambahan kaya protein seperti jangkrik dan kroto.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa jumlah protein 14 – 18% masih kurang untuk kacer dan penambahan makanan kaya protein seperti jangkrik dan kroto wajib untuk dilakukan. Kacer merupakan burung pemakan serangga yang membutuhkan persentase lebih banyak protein menunjang kebutuhan hidupnya.

Berapa jumlah protein yang tepat?

Untuk mendapatkan persentase yang sesuai kita harus mengetahui beberapa informasi sebagai dasar awal dalam perhitungan.

  1. Berapa % kandungan protein dari voer yang dipakai saat ini: anggap memakai voer dengan protein 18%.
  2. Berapa gr kacer makan voer tersebut setiap harinya: beragam sekitar 6-10gr, kita anggap 7gr.
  3. Berapa banyak jangkrik yang diberikan setiap hari untuk menutupi kekurangan protein dari voer: beragam biasanya penghobi kacer memberikan 10 ekor jangkrik setiap hari.
  4. Berapa gr berat jangkrik per ekor: sekitar 0.4gr.
  5. Berapa % kandungan protein jangkrik: beberapa penelitian menyebutkan sekitar 16% protein untuk jangkrik hasil ternakan.
  6. Berapa % kandungan air dari jangkrik, karena kita mau menghitung dengan voer yang memiliki kadar air sekitar 10%: sekitar 70% air.

Dengan angka-angka tersebut bisa di simpulkan bahwa persentase kandungan protein yang sesuai pada voer untuk kacer adalah 25.3%.

Baca juga:  Video Kacer Berkicau

Persentase berubah berubah bila angka di setiap point di atas berubah. Penghobi memiliki kebiasaan sendiri-sendiri. Kroto tidak ditulis karena persentase proteinnya belum kami ketahui.

Ingin mengetahui persentase protein harian yang biasa kamu berikan ke kacer? Share artikel ini melalui facebook, mention kami (@burunghobi) dan sebutkan jumlah untuk point 1-3.


Voerzoo Insect Blend

Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung!

Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung. Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya... Continue reading
Halaman ini tentang: voer burung rendah protein, kandungan protein voer juara, kandungan protein voer skm, kebutuhan protein burung kacer, voer protein rendah, voer protein tinggi untuk kacer, kandungan protein tinggi voer kacer, kadar protein yang dibutuhkan kacer per hari, kadar kandungan protein four top song, Vour burung kandungan protein rendah 16%. 
Share yuk...